Manfaat Artificial Intelligence untuk Bisnis - Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari tentang Keuntungan Kecerdasan Buatan. Karena Artificial Intelligence begitu rumit dalam perilakunya. Ini memegang campuran yang sangat kompleks dari ilmu komputer , matematika dan metodologi sains rumit lainnya. Pemrograman yang kompleks memungkinkan mesin untuk melakukan operasi kritis dengan cara yang mudah juga.
Salah satu manfaat terbaru dari komputasi awan
adalah memungkinkan bisnis memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Teknologi yang berkembang pesat ini
menawarkan peluang pengembangan yang signifikan yang dengan cepat dimanfaatkan
oleh banyak perusahaan. Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa cara
perusahaan Anda dapat memanfaatkan AI berbasis cloud.
Meningkatkan pengalaman belanja yang
dipersonalisasi
Menyediakan pelanggan dengan pemasaran yang
dipersonalisasi meningkatkan keterlibatan, membantu menghasilkan loyalitas
pelanggan dan meningkatkan penjualan. Salah satu keuntungan menggunakan AI
adalah dapat mengidentifikasi pola kebiasaan browsing dan perilaku pembelian
pelanggan. Menggunakan jutaan transaksi yang disimpan dan dianalisis di cloud,
AI mampu memberikan penawaran yang sangat akurat kepada setiap pelanggan.
Mengotomatiskan interaksi pelanggan
Sebagian besar interaksi pelanggan, seperti
email, obrolan online, percakapan media sosial, dan panggilan telepon, saat ini
membutuhkan keterlibatan manusia. AI, bagaimanapun, memungkinkan perusahaan
untuk mengotomatiskan komunikasi ini. Dengan menganalisis data yang dikumpulkan
dari komunikasi sebelumnya, komputer dapat diprogram untuk merespons pelanggan
secara akurat dan menangani pertanyaan mereka.
Terlebih lagi, ketika AI digabungkan dengan
pembelajaran mesin, semakin banyak platform AI berinteraksi, semakin baik
jadinya. Salah satu contohnya adalah AI Chatbots yang, tidak seperti manusia,
dapat berinteraksi dengan pelanggan tanpa batas pada saat yang sama dan dapat
merespons dan memulai komunikasi - baik di situs web atau aplikasi.
Apa Saja Manfaat Artificial Intelligence untuk Bisnis?
Bantuan waktu nyata
AI juga berguna untuk bisnis yang perlu terus
berkomunikasi dengan pelanggan dalam jumlah besar sepanjang hari. Misalnya,
dalam industri transportasi, perusahaan bus, kereta api, dan maskapai
penerbangan, yang dapat menampung jutaan penumpang setiap hari, dapat
menggunakan AI untuk berinteraksi, secara real-time, untuk mengirimkan
informasi perjalanan yang dipersonalisasi, seperti pemberitahuan penundaan.
Beberapa perusahaan bus, misalnya, sudah
melacak lokasi bus mereka dan menggunakan AI untuk memberi para pelancong
pembaruan waktu nyata tentang di mana bus itu berada di sepanjang rutenya dan
perkiraan waktu kedatangannya. Pelanggan menerima informasi ini di aplikasi
perusahaan bus.
Sebagai sumber data
Salah satu keuntungan terbesar menggunakan AI
berbasis cloud adalah aplikasi kecerdasan buatan dapat dengan cepat menemukan
temuan penting dan relevan selama pemrosesan big data. Ini dapat memberi bisnis
wawasan yang sebelumnya belum ditemukan yang dapat membantu memberikan keuntungan
di pasar.
Pengotomatisan operasional
AI mampu mengoperasikan teknologi lain yang
meningkatkan otomatisasi dalam bisnis. Misalnya, AI dapat digunakan untuk
mengontrol robot di pabrik atau mempertahankan suhu ideal melalui pemanasan
cerdas. Robot yang tampak seperti manusia sekarang berfungsi sebagai
resepsionis di beberapa hotel negara yang mengotomatiskan check-in, layanan
pemesanan, dan menangani dengan pertanyaan pelanggan.
Dapat memprediksi hasil data
Keunggulan lain dari AI adalah mampu memprediksi
hasil berdasarkan analisis data. Misalnya, ia melihat pola dalam data pelanggan
yang dapat menunjukkan apakah produk yang saat ini dijual cenderung terjual dan
dalam volume berapa. Ini juga akan memprediksi kapan permintaan akan turun. Ini
bisa sangat berguna dalam membantu perusahaan membeli saham yang benar dan
dalam volume yang benar.
Seperti Apa Manfaat Artificial Intelligence untuk Bisnis?
Diperkirakan, dalam 10 tahun, hari-hari
penjualan musiman akan berakhir karena AI akan membuat stok sisa yang tersisa
untuk dijual. Kemampuan memprediksi ini tidak hanya berguna di ritel. AI juga
digunakan di banyak area lain, misalnya, di perbankan di mana AI dapat
memprediksi fluktuasi mata uang dan harga saham atau dalam perawatan kesehatan
di mana, secara luar biasa, AI dapat memprediksi wabah infeksi dengan
menganalisis postingan media sosial.
Perkuat loyalitas merek dengan
personalisasi
Lebih dari 60% konsumen mengharapkan
pengalaman yang dipersonalisasi. Tantangan bagi kebanyakan bisnis, terutama
yang kecil, adalah personalisasi membutuhkan waktu, tenaga, dan uang. Untuk
memberikan pengalaman yang disesuaikan, perusahaan perlu memetakan perjalanan
konsumen individu dan memprediksi momen dan penawaran yang akan meningkatkan
keterlibatan dan mendorong penjualan.
Personalisasi membutuhkan kemampuan
mengantisipasi kebutuhan setiap pelanggan. Ini adalah tugas yang luar biasa -
tugas yang dapat dipenuhi oleh kecerdasan buatan. Merek menggunakan data,
misalnya dari pembelian sebelumnya dan aktivitas media sosial, untuk
memprediksi jenis produk yang kemungkinan besar akan dibeli konsumen.
Wawasan ini memungkinkan perusahaan untuk
menyampaikan konten dan pesan yang disesuaikan kepada pelanggan. Kecerdasan
buatan dapat sepenuhnya mengotomatiskan proses ini, mengidentifikasi pola
pengambilan keputusan dan menciptakan persona berdasarkan ini, kemudian
mengarahkan konten yang telah dipelajari AI paling berhasil untuk setiap
persona .
Tingkatkan akurasi peramalan
Mungkin keuntungan bisnis yang paling
substansial dari AI adalah pengurangan kesalahan manusia . Satu proses yang
memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan manusia, tetapi penting untuk
kesuksesan bisnis adalah memperkirakan arus kas.
Teknologi AI dapat membantu bisnis
mengotomatiskan perkiraan tujuan tanpa intervensi manual. Ini memberi
perusahaan visibilitas yang lebih besar tentang keuangan masa depan mereka,
memberdayakan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik dan mengambil
tindakan untuk mencapai tujuan.
AI membuka peluang
Menurut studi baru-baru ini, perusahaan yang
menggunakan AI akan meningkatkan arus kas lebih dari 120% pada tahun yang akan
datang. Sudah jelas bahwa AI akan memberi nilai tambah pada layanan pelanggan,
membantu menghasilkan pendapatan baru, dan mengurangi biaya . Penerapan lebih
lanjut untuk teknologi untuk meningkatkan bisnis tampaknya tidak ada habisnya, hanya
dibatasi oleh imajinasi manusia.
Baik Anda menjelajahi karier di bidang
manajemen , desain, sumber daya manusia, atau pemasaran, untuk memanfaatkan
inovasi yang dimungkinkan oleh AI, Anda harus memulai dengan fondasi yang kuat
dalam fundamental bisnis. Program EU Business School menghubungkan teori dengan
praktik, mengajari siswa keterampilan untuk menerapkan teknologi yang muncul
untuk terus meningkatkan cara berbisnis.
Meningkatkan penambahan staf
Ini mungkin berita buruk bagi perusahaan
perekrutan, tetapi AI sekarang membantu bisnis mengotomatiskan perekrutan
karyawan baru. Ia dapat dengan cepat menyaring aplikasi, secara otomatis
menolak aplikasi yang tidak memenuhi spesifikasi pribadi perusahaan.
Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga
memastikan bahwa tidak ada diskriminasi atau bias dalam proses penciutan. Program
AI yang tersedia bahkan dapat menangani banyak tugas administratif rekrutmen.
Ringkasan
Seperti yang Anda lihat, sistem Artificial Intelligence memberi bisnis
berbagai manfaat, termasuk pemasaran yang dipersonalisasi, layanan pelanggan,
otomatisasi operasional, manajemen inventaris, dan rekrutmen. Dan ini hanyalah
beberapa dari banyak cara AI dapat digunakan. Namun, yang luar biasa adalah
banyak aplikasi AI, yang dirancang khusus untuk sistem berbasis cloud, dapat
diterapkan dengan cepat dan mudah.
Post a Comment
Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.