Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan teori tentang bagamana caranya menggunakan rumus match dan index pada microsoft excel. Kalian perlu tahu, kalau fungsi rumus index dan match adalah suatu pengganti rumus vlookup. Tanpa di jelaskan kalian pasti sudah memahami apa itu rumus vlookup. Divideo sebelumnya sudah saya berikan materinya.
Rumus index dan match mampu mengambil data dari kanan dan kiri. Tidak seperti rumus vlookup yang hanya bisa mengambil data dari kanan. Jadi rumus gabungan rumus index dan rumus match merupakan cara alternatif lain dari penggunaan vlookup. Ini merupakan terobosan baru untuk tetap bisa menyelesaikan pekerjaan.
Untuk mempelajari tentang rumus index dan match, kita perlu memahami dasar penulisan rumus/syntax lalu memahami semua fungsi index dan match. Pada materi sebelumnya tentang 30 Rumus Excel Terlengkap di Pakai Dalam Pekerjaan, saya sudah menyinggung sedikit tentang teori ini. Selain rumus ini juga saya banyak membahas rumus yang lumayan banyak.
Sebelum membaca materi ini alangkah baiknya kalian terlbih dahulu berdoa, agar ilmu yang kalian pelajari bisa terserap dengan baik. Di bawah ini saya udah memulai dengan materi utama. Perhatikan fungsi index dan match di bwah ini :
Namun dari fungsi rumus index di atas, yang sering di pakai adalah rumus index array. Adapun format penulisannya adalah sebagai berikut :
Untuk bisa lebih memahami bisa di lihat pada keterangan gambar di bawah ini :
Keterangan :
Rumus index dan match mampu mengambil data dari kanan dan kiri. Tidak seperti rumus vlookup yang hanya bisa mengambil data dari kanan. Jadi rumus gabungan rumus index dan rumus match merupakan cara alternatif lain dari penggunaan vlookup. Ini merupakan terobosan baru untuk tetap bisa menyelesaikan pekerjaan.
Untuk mempelajari tentang rumus index dan match, kita perlu memahami dasar penulisan rumus/syntax lalu memahami semua fungsi index dan match. Pada materi sebelumnya tentang 30 Rumus Excel Terlengkap di Pakai Dalam Pekerjaan, saya sudah menyinggung sedikit tentang teori ini. Selain rumus ini juga saya banyak membahas rumus yang lumayan banyak.
Sebelum membaca materi ini alangkah baiknya kalian terlbih dahulu berdoa, agar ilmu yang kalian pelajari bisa terserap dengan baik. Di bawah ini saya udah memulai dengan materi utama. Perhatikan fungsi index dan match di bwah ini :
Daftar isi
Fungsi dan Penggunaan Rumus Index
Ada dua fungsi index pada excel yaitu :
- Array : Megembalikan sebuah nilai yang berasal dari sel tertentu
- Refrensi : Mengembalikan sebuah refrensi ke sel tertentu
Namun dari fungsi rumus index di atas, yang sering di pakai adalah rumus index array. Adapun format penulisannya adalah sebagai berikut :
=INDEX(Array;Row_Num;[COLUMN])
Keterangan :
- Array : Suatu jarak atau kinstanta array
- Row_num : memilih suatu baris pada array dengan tujuan ingin di kembalikan nilainya
- Colum_num : Memilih suatu kolom pada array dengan tujuan di kembalikan nilainya
Untuk bisa lebih memahami bisa di lihat pada keterangan gambar di bawah ini :
Rumus Index |
- Kotak merah merupakan contoh format penulisan rumus index yang baik dan benar.
- Di sel E2 di tulis rumus = INDEX($B$2:$b$4;1) Berguna untuk menampilkan data dari suatu baris pertama dar sel B2 sampa dengan B4. Dengan hasil nilai adalah 9.
- Di sel E3 di tulis rumus = INDEX($B$2:$B$4;2 Berguna untuk menampilkan data suatu baris kedua dari sel B2 sampai dengan B4. Dengan hasil 5.
- Di sel E4 di tulis rumus = INDEX($B$2:$B$4;3) Berguna untuk menampilkan data suatu baris ketiga dari sel B2 sampai dengan B4. Dengan hasil nilai 12.
- Bila data di sel B2 sampai dengan B4 di ganti. Maka akan secara otomatis data di sel E2 sampai dengan E4 akan ikut juga berubah seperti data di sel B2 sampai dengan B4.
Fungsi dan Penggunaan Rumus Match
Rumus Match berfungsi untuk melakukan pencarian suatu item tertentu dalam jarak range, lalu melakukan pengembalian posisi relatif suatu item tersebut dalam jarak, atau mencari tempat baris dan atau row data yang sedang di cari.
Adapaun format penulisan match, bisa di lihat pada keterangan di bawah ini :
=MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type])
Keterangan :
- lookup_value : yaitu suatu nilai yang ingin di samakan di dalam lookup_array
- lookup_array : yaitu jarak range yang di cari
- match_type : Berfungsi menentukan bagaimana excel mensamakan lookup_value dengan suatu nilai dalam lookup_array. defaul nilai pada argumen ini yaitu 1.
Untuk lebih memudahkan kalian memahami penggunaan match pada excel, bisa di lihat contoh gambar di bawah ini :
Rumus Match |
Keterangan :
- Kotak merah pada gambar di atas merupakan contoh penulisan rumus match.
- Di range E2 di tulis rumus = MATCH(D2;$A$2:$A$4;) dengan tujuan supaya menampilkan nomor baris dari sel A2 sampai dengan A4 sesuai data di D2.
- Contoh di atas saat range D2 di isikan Mangga maka hasilnya yaitu 3 dikarenakan data Mangga berada di baris ke-3, bila di D2 diisi engan sebuah nama buah, misalnya Apel maka hasilnya yaitu 1, dikarenakan Apel berada di baris ke-1
- Umpama di D2 diisikan Semangka sedangkan nama buah Semangka ini tidak ada pada data tabel sel A2 sampai dengan A4, hasilnya yaitu #N/A dikarenakan rumus di range E2 pada bagian match_type-nya diisi 0 maka bila data tidak berhasil ditemukan akan menghasilkan tampilan #N/A.
Penggunaan Fungsi Rumus Index dan Match di Excel
Setelah membaca dan mempelajari teori rumus index dan match di atas, kalian pastinya sudah memahami rumus-rumus tersebut. Kuncinya yaitu sering melakukan praktek rumus-rumus yang mau di pelajari. Dengan sendirinya rumus yang kalian pelajari sudah terekam pada memori otak kalian.
Ini merupakan teori pokok dari teori yang sudah dijelaskan di atas. Teori ini yaitu penggabungan fungsi antara fungsi rumus index dan rumus match. Untuk penulisan formatnya, bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
=INDEX(Array MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type]))
Untuk bisa lebih memahami, saya akan tunjukan contoh gambar yang akan membantu kalian untuk cepat memahami rumus penggabungan rumus index dan rumus match. Perhatikan gambar di bawah ini :
Gabungan Rumus Index dan Rumus Match |
Keterangan :
- Kotak merah merupakan penulisan gabungan rumus index dan rumus match.
- Di range E2 ditulis rumus penggabungan INDEX dan MATCH yaitu :
=INDEX($B$2:$B$4;MATCH(D2;$A$2:$A$4;0))
Hasilnya yaitu bila data di range D2 atau kolom yaitu Cari Buah diisikan nama buah yang berada di tabel buah di sebelah kiri, maka di range E2 akan di perlihatkan hasil jumlah dari buah yang sedang di cari.
Contoh di atas saat D2 di tulis kata Apel, maka hasilnya yaitu 9 dikarenakan di tabel di sebelah kiri, nilai jumlah dari buah apel yaitu p, begitu pun bila di tulis kata Jeruk, maka hasilnya yaitu d dan sebagainya.
Kesimpulan Dari Penggunaan Rumus Match dan Rumus Index di Excel
Sudah di singgung di atas bahwa penggabungan rumus ini merupakan cara lain dari rumus vlookup. Jadi buka berarti rumus ini sama, namun bisa di simpulkan rumus penggabungan rumus index dan rumus match merupakan lebih komplex di lihat dari fungsinya.
Bisa di lihat sedikit banyaknya rumus match memakai kata lookup, yang artinya sama dengan vlookup. Jadi dengan adanya bantuan rumus index, rumus match mampu memberikan fungsi yang lebih dari rumus vlookup. Jangan sampai salah yah!, bukan hlookup melainkan vlookup.
Demikian teori mengenai penggabungan rumus index dan match, mudah-mudahan apa yang saya tulis dan jelaskan mampu memberikan solusi yang sedang kalian hadapi. Entah didunia kerja, di sekolah ataupun di saat les dll.
Demi lebih berkualitasnya teori yang saya berikan, saya tunggu saran, kritik dan komentar kalian, terima kasih banyak.
Post a Comment
Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.