Apa Itu Rumus Rata-Rata ?, Berbicara mengenai rumus rata-rata tentunya kalian sudah banyak pengalaman untuk menghitung rumus ini. Bedanya kini kita harus bisa belajar menghitung rumus rata-rata pada komputer. 

Dalam dunia perhitungan, mencari sebuah rata-rata mempunyai tujuan yaitu mencari nilai ideal atau nilai tengah di antara banyaknya nilai yang muncul. Kerap kali digunakan pada dunia pendidikan.

Pada dunia bekerja juga formula tersebut di gunakan sebagai penghitung jumlah rata-rata barang yang keluar ataupun masuk. Biasanya untuk menyiapkan data untuk di berikan kepada atasan kerja.

Definisi rumus rata rata ialah merupakan suatu rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan jumlah nilai sekelompok data yang di bagi oleh banyaknya suatu data. Tujuannya yaitu untuk menemukan gambaran umum dari banyaknya data.


Apa Itu Average

Bagaimana kita menghitung rumus rata-rata pada komputer?, Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan teori mengenai menghitung nilai rata-rata yang berada pada micrososft excel.

Dengan adanya formula average kalian tidak perlu bersusah payah untuk menghitung rumus excel. Average merupakan rumus yang berada pada microsoft excel yang mampu untuk menghitung nilai rata-rata dari banyaknya data yang tersedia.

Fungsi Average

Adapun fungsi average yaitu untuk menghitung rata-rata dari kelompok nilai yang berada pada range data di lembar kerja excel. Bisa dikatakan untuk menghitung rata-rata dari sekelompok nilai pada suatu data. Average merupakan kategori fungsi yang bersifat statistik.
Formula Average di excel biasanya untuk melakukan perhitungan nilai sebuah rata-rata matematika pada excel sama seperti menghitung nilai untuk penilaian hasil belajar siswa.

Gambaran sedikit tentang rata-rata aritmatka yaitu menghitung dengan menjumlahkan banyaknya nilai pada data lalu dibagi dengan banyaknya data tersebut, maka akan memperoleh hasil akumulasi rata-rata dari banyaknya data.

Misalnya ada data 10, 10, 5, 4, 6, 4, 6, jumlah nilai keseluruhan yaitu 45 kemudian dibagi dengan banyaknya data yaitu 7, maka memperoleh hasil 6,4.

Sudahkah sedikit memahami?, bila sudah lumayan untuk memahami, mari kita perhatikan step by step teori ini.

Cara Menggunakan Fungsi Average

Untuk mengetahui cara perhitungan average pada microsoft excel. Perhatikan penulisan format penulisan rumus average di bawah ini :
Average(Angka1;[Angka2];...)
Keterangan :
  • Average : Nama sebuah fungsi excel untuk melakukan perhitungan nilai rata-rata
  • Angka1 : wajib diisi angka, ini yang akan di hitung nilai keseluruhan dari banyaknya data.
  • Angka2 : Opsional atau angka tambahan lain, refrensi range, atau jarak yang ingin di lakukan perhitungan rata-ratanya hingga maksimum 255.

Penggunaan Rumus Average 1

Langsung saja perhatikan contoh penggunaan rumus average 1 di bawah ini :

rumus-average-1
Rumus Average 1
Keterangan :
  • Pada kotak merah merupakan format penulisan rumus average pada excel yaitu =AVERAGE(D3:D6)
  • Pada contoh penggunaan average di atas yaitu perhitungan nilai rata-rata pada range D3-D6. Hasilnya adalah 81,5. Nilai 81,5 di hasilkan dari perhitungan rata-rata nilai sebagai berikut :

90 + 80 + 69 + 87/4 : 81,5

Penggunaan Rumus Average 2

Untuk lebih jelasnya perhatikan penggunaan rumus average 2 pada excel di bawah ini :

rumus-average-2
Rumus Average 2
Keterangan :
  • Didalam kotak merah pada gambar di atas merupakan format penulisan rumus average 2 pada microsoft excel yaitu =AVERAGE(C3:C6;D3:D6).
  • Contoh di atas merupakan perhitungan rata-rata pada range C3-C6 dan D3-D6. Hasilnya nilainya yaitu 73,25. Nilai tersebut di hasilkan dari perhitungan berikut ini:
70+60+50+80+90+80+69+87/8 : 73,25

Average tidak cuma seperti contoh di atas, melainkan ada fungsi argumen lain yaitu berupa angka atau nama range/sel. Oleh karena itu rumus ini sangat sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaaan. Bukan hanya rumus average saja yang digunakan dalam pekerjaan melainkan masih banyak lagi. Bisa di pelajari 30 Rumus Excel Terlengkap di Pakai Dalam Pekerjaan.

Jadi jika refrensi range mempunyai isi teks, nilai logika atau sel kosong, nilai itu pasti di abaikan namun, range dengan nilai nol di masukan atau tetap dilakukan perhitungan seperti contoh yang sudah di lakukan di atas.

Penggunaan Rumus Average 3

Untuk membuat kalian semakin paham lagi dengan rumus average di microsoft excel, saya akan berikan contoh lagi penggunaan rumus average 3 di bawah ini :

rumu-average-3
Rumus Average
Keterangan :
  • Pada kotak merah yang berada pada gambar di atas merupakan format penulisan penggunaan rumus average.
  • Perhitungan di atas merupakan perhitungan rata-rata yang berada pada range D3-D8 dengan hasil 40. Hasil 40 dihasilkan oleh perhitungan berikut ini :
30+ABC+40+TRUE+kosong+50/3 : 40
  • Berdasarkan kasus penggunaan rumus average diatas bisa disimpulkan bahwa perhitungan berlaku untuk sel atau range yang berisikan nilai.
Bila saya ingin memberikan nilai logika dan teks yang mnggambarkan angka pada sebuah refrensi sebagai sebagian dari suatu perhitungan, gunakan fungsi average.

Wajib di mengerti kalau fungsi average yang merupakan berupa nilai/angka kesalahan atau teks yang tidak bisa di transletkan menjadi nilai. Misalnya nilai error akan menjadi sebab fungsi average memperoleh hasil suatu nilai error atau kesalahan seperti pada contoh di atas.

Penggunaan Rumus Average 4

Perhatikan contoh rumus average berikut ini :

rumus-average-4
Rumus Average 4
Keterangan :
  • Di dalam kotak merah merupakan format penulisan rumus average yaitu =AVERAGE(D3:D8).
  • Perhitungan di atas merupakan perhitungan rata-rata yang di mulai dari range  D3-D8.
  • Hasi rata-rata error, dikarenakan salah satu nilai yang berada pada sel D5 error maka hasil akan error juga. Namun bila nilai kosong malah nilai rata-rata akan keluar.

Rumus Rata-Rata Excel Yang Lain

Kegunaan average di excel tidak dapat digunakan sebagai penentu rata-rata nilai dengan ketentuan atau syarat tertentu. Jika kalian berkeinginan melakukan perhitungan rata-rata nilai pada excel dengan kriteria tertentu, maka kalian haru menggunakan rumus excel yang lain yaitu AVERAGEIF atau AVERAGEIFS.

Pada dasarnya semua rumus di excel sudah diberi kode syintax ketika awal kita memilih formula. Itu merupakan petunjuk kita dalam menulis rumus yang benar. Namun tidak banyak orang mengetahui tentang kode tersebut. Asalnya kode tersebut dalam bahasa inggris.

Coba mulai belajar membaca kode tersebut. Kalau kalian sudah mengetahui pasti rumus apapun bisa di kerjakan dengan mudah dan cepat tanpa adanya kesusahan dalam menulis syntax.

Kesimpulan Penggunaan Rumus Rata-Rata Pada Excel

Akhirnya sampai pada penghujung artikel ini. Menurut saya Kesimpulannya adalah setiap project, pekerjaan mempunyai porsi dan karakter masing-masing. Maka dari itu rumus average yang saya berikan, mulai dari rumus average 1 sampai 4 merupakan solusi di setiap masalah yang kalian temui di pekerjaan khususnya untuk menghitung rumus rata-rata.

Mungkin cukup sampai di sini saya memberikan sedikit teori tentang rumus excel average. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca khusunya yang sedang mencari refrensi buat pengerjaan suatu pekerjaan.

Atas perhatian dan ketersediaanya para pembaca saya ucapkan terima kasih. Kritik, komen dan saran saya harapkan demi berkembangnya situs ini.

Post a Comment

Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.

Previous Post Next Post