Rumus If merupakan rumus yang menggambarkan kondisi untuk menentukan suatu pilhan dalam kondisi tertentu. Sebagai gambaran rumus if excel bisa menghasilkan nilai tertentu bila kondisi yang di tentukan telah terpenuhi yaitu (TRUE) dan bisa menghasilkan nilai yang lain jika uji logika tidak terpenuhi yaitu (FALSE).
Bisa dikatakan Fungsi If ini bisa melakukan sebuah evaluasi pada uji logika tertentu, lalu menghasilkan nilai TRUE atau FALSE yaitu nilai bila sebuah kondisi tersebut telah tercapai dan nilai FALSE yaitu nilai buat suatu kondisi yang tidak terpenuhi.
Rumus If biasanya menggunakan simbol operator perbandingan seperti =, <, >, <=, >= dan lain-lain untuk melakukan sebuah logika. Oleh karena itu, untuk lebih bisa memahami, kalian perlu memahami dulu arti dari tiap-tiap operator perbandingan.
Kunci dari sebuah formula if, yaitu terletak di logika dan penerapan logika yang dituangkan dengan proses penulisan rumus dengan memakai operator perbandingan. Jadi semisal bila nilai andi 60, maka andi tidak lulus. Namun bila nilai andi 90, maka andi dinyatakan lulus.
Kalian pasti paham sebuah pernyataan yang sudah saya contohkan di atas. Seperti itulah rumus if berlaku dalam sebuah perhitungan rumus di excel. Dengan adanya tuntutan kebutuhan di lapangan maka, rumus if ini sangatlah bermanfaat bagi user yang kesusahan dalam memecahkan sebuah studi kasus perhitungan.
Jaman semakin kesini semakin canggih, oleh karena itu kalian juga jangan sampe telat update informasi tentang teknologi. Sangat dinamisnya perkembangan teknologi, akibatnya yang tidak update maka sangat jauh tertinggal.
Terutama para generasi milenial. Ayolah fokus terhadap ilmu, jangan kalian tergiur dengan aplikasi atau gadget dengan penggunaan sia-sia. Pergunakan smartphonemu untuk selalu update informasi setiap hari. Perkembangan yang pesat menuntut agar otak juga selalu di kembangkan.
Sebelum materi yang saya akan ulas, kalian harus paham dulu tentang 30 Rumus Excel Terlengkap di Pakai Dalam Pekerjaan agar kalian bisa memahami materi saya di bawah ini. Mari kita ulas satu per satu teori pembahasan rumus excel ini dengan studi kasus dan contoh yang bisa membuat kalian paham.
Rumus If bisa dipakai untuk kondisi apapun. Intinya ada dua kategori yang digolongkan dalam penerapan rumus if tersebut. Untuk contoh penulisan rumus if pada excel, bisa dilihat dibawah ini :
Pada rumus ini yang harus diseriusi dahulu yakni kalian harus menguasai benar logika rumus if dasarnya terlebih dahulu. Kemudain selanjutnya kalian paham operator perbandingan yang sudah di bahas pada postingan sebelumnya.
Agar kalian bisa lebih memahami, saya akan berikan contohnya dalam suatu studi kasus. Sebagai bahan edukasinya, saya akan memakai konfersi nilai ijasah sebuah SMK. Perhatikan contoh di bawah ini :
Perhatikan gambar di atas, dari gambar bisa kita simpulkan bahwa 0-40 menjadi E, 40-55 menjadi D, 55-65 menjadi C, 65-85 menjadi B, dan 85-100 menjadi A.
Untuk membuat rumus if bertingkat sesuai kebutuhan tabel diatas, kita perlu menulis rumus if secara step by step sesuai tingkatan tersebut. Sekali lagi saya katakan, mengerjakan rumus excel hanya susah di awal, namun bila kita sudah mengetahui penulisan rumusnya maka jangan repot-repot menulis ulang sel dibawahnya.
Langsung saja simak contoh pemecahan studi kasus yang saya tuangkan dalam bentuk gambar yang sangat bisa menjelaskan kalian dalam mempelajari ilmu excel. Perhatikan d bawah ini :
Di kotak merah yaitu penulisan rumus if bertingkat. Bisa dipahami satu persatu di samakan dengan sel di dalam tabel agar kalian paham cara penulisan rumus if excel dengan benar.
Di kotak biru merupakan cara yang sering saya katakan, yaitu untuk mengisi sel dibawahnya tanpa menulis rumus secara manual lagi.
Dalam ilmu matematika apalagi pada microsoft excel sangatlah penting. Adapun fungsi logika dalam sebuah microsoft excel adalah sebagai berikut :
Sumif digunakan untuk mempermudah laporan perhitungan dalam suatu pekerjaan. Sum If merupakan gabungan dari dua rumus excel, yaitu sum untuk menjumlahkan sebuah nilai dalam sel dan if untuk menentukan kondisi true atau false.
Penggunaan sumif yaitu untuk menjumlahkan nilai dalam kriteria tertentu. Kalian bisa menggunakan sumif untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang telah memenuhi kriteria yang kalian tentukan.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh penulisan rumus sumif di bawah ini :
Perhatikan gambar di atas, penulisan rumus yang benar adalah seperti di atas. Dalam studi kasus di atas yaitu saya menjumlahkan nilai dalam sel yang mempunyai kriteria nilai di atas 65 maka, yang di jumlah hanya yang berada pada sel satu dan dua pada gambar.
Adapun macam-macam rumus sumif pada excel yaitu :
Di bawah ini merupakan gambaran mengenai penggunaan if and, or dan not :
Rumus excel percabangan dikenal dengan istilah rumus excel if. Rumus ini mempunyai sifat sangat dinamis, yaitu bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan atau kebutuhan.
Dan beberapa rumus excel if yang sering digunakan, antara lain :
Bisa dikatakan Fungsi If ini bisa melakukan sebuah evaluasi pada uji logika tertentu, lalu menghasilkan nilai TRUE atau FALSE yaitu nilai bila sebuah kondisi tersebut telah tercapai dan nilai FALSE yaitu nilai buat suatu kondisi yang tidak terpenuhi.
Rumus If biasanya menggunakan simbol operator perbandingan seperti =, <, >, <=, >= dan lain-lain untuk melakukan sebuah logika. Oleh karena itu, untuk lebih bisa memahami, kalian perlu memahami dulu arti dari tiap-tiap operator perbandingan.
Kunci dari sebuah formula if, yaitu terletak di logika dan penerapan logika yang dituangkan dengan proses penulisan rumus dengan memakai operator perbandingan. Jadi semisal bila nilai andi 60, maka andi tidak lulus. Namun bila nilai andi 90, maka andi dinyatakan lulus.
Kalian pasti paham sebuah pernyataan yang sudah saya contohkan di atas. Seperti itulah rumus if berlaku dalam sebuah perhitungan rumus di excel. Dengan adanya tuntutan kebutuhan di lapangan maka, rumus if ini sangatlah bermanfaat bagi user yang kesusahan dalam memecahkan sebuah studi kasus perhitungan.
Jaman semakin kesini semakin canggih, oleh karena itu kalian juga jangan sampe telat update informasi tentang teknologi. Sangat dinamisnya perkembangan teknologi, akibatnya yang tidak update maka sangat jauh tertinggal.
Terutama para generasi milenial. Ayolah fokus terhadap ilmu, jangan kalian tergiur dengan aplikasi atau gadget dengan penggunaan sia-sia. Pergunakan smartphonemu untuk selalu update informasi setiap hari. Perkembangan yang pesat menuntut agar otak juga selalu di kembangkan.
Sebelum materi yang saya akan ulas, kalian harus paham dulu tentang 30 Rumus Excel Terlengkap di Pakai Dalam Pekerjaan agar kalian bisa memahami materi saya di bawah ini. Mari kita ulas satu per satu teori pembahasan rumus excel ini dengan studi kasus dan contoh yang bisa membuat kalian paham.
Daftar isi
Rumus If Excel
Rumus If excel merupakan rumus yang berfungsi untuk menentukan nilai sesuai kondisi nilai tersebut. Adapun gambaran untuk rumus if ini yaitu seperti jika nilai doni 90 maka masuk kategori sangat memuasakan, dan jika nilai doni 40 maka termasuk kategori sangat buruk. Kurang lebihnya untuk menggunakan rumus if adalah seperti itu.Rumus If bisa dipakai untuk kondisi apapun. Intinya ada dua kategori yang digolongkan dalam penerapan rumus if tersebut. Untuk contoh penulisan rumus if pada excel, bisa dilihat dibawah ini :
=IF(1=1;"OK";"TIDAK OK")
Di Contoh di atas, rumus if akan menghasilkan teks "OK" sebab perbandingan 1 : 1 adalah True (OK).
=IF(1=0;"OK";"TIDAK OK")
Pada contoh diatas, rumus if akan menghasilkan nilai "TIDAK OK" sebab perbandingan 1 : 0 False (TIDAK OK).
Fungsi if digunakan pada rumus excel secara tunggal, ganda dan bertingkat. arti dari formula excel if ganda adalah fungsi if yang berada atau memasukan fungsi excel if pada formula if yang lainnya.
Untuk lebih jelasanya lihat contoh cara penggunaan rumus exce; if tunggal dan rumus excel if bertingkat pada gambar dibawah ini :
Rumus IF |
Contoh di atas merupakan contoh dimana untuk menguji nilai lebih dari 130 atau tidak setiap sel. Jika nilai lebih dari 130, maka keterangan if yang muncul yaitu kategori lulus begitu sebaliknya, bila nilai kurang dari 130, maka kategori keterangan if yang muncul yaitu gagal. Perhatikan penukisan rumus yang didalam kotak merah pada gambar di atas.
Pada kotak biru, itu merupakan cara untuk mengisi nilai sel dibawahnya secara otomatis tanpa perlu menulis ulang rumus. Caranya dengan mengklik terus tahan tanda plus hitam pada kotak biru lalu tarik ke bawah sesuai sel yang masih kosong tadi. maka jika nilai pada sel ditulis, dengan sendirinya kolom tersebut terisi secara otomatis.
Sudah bisa dipahami bukan?, rumus ini biasa digunakan untuk menentukan keterangan dari sebuah kalkulasi dari banyak nilai dan di keluarkan dalam bentuk dua keterangan atau lebih.
Jika keterangan if ditempatkan secara terbalik, maka hasil yang akan keluar adalah sebaliknya.
Fungsi IF Pada Excel
Dari kesimpulan ulasan yang sudah saya terangkan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa fungsi rumus excel if adalah sebagai berikut :- Fungsi IF pada microsoft excel yaitu untuk memungkinkan kalian agar bisa membuat perbandingan yang logis antara nilai dan apa yang telah dikehendaki, dengan cara seperti menguji kondisi dan mengembalikan bila nila menunjukan nilai true atau false. Maka dari itu suatu pernyataan if pasti menghasilkan 2 perbandingan menurut nilai yang telah diinginkan.
Rumus IF Bertingkat
Rumus if yang satu ini adalah rumus if bertingkat. Tidak sulit rumus ini untuk diterapkan dalam pekerjaan. Yang perlu digaris bawahi, yang terpenting kita paham untuk menulis rumusnya dan paham alur logikanya.Pada rumus ini yang harus diseriusi dahulu yakni kalian harus menguasai benar logika rumus if dasarnya terlebih dahulu. Kemudain selanjutnya kalian paham operator perbandingan yang sudah di bahas pada postingan sebelumnya.
Agar kalian bisa lebih memahami, saya akan berikan contohnya dalam suatu studi kasus. Sebagai bahan edukasinya, saya akan memakai konfersi nilai ijasah sebuah SMK. Perhatikan contoh di bawah ini :
Konfersi Nilai Ijasah |
Untuk membuat rumus if bertingkat sesuai kebutuhan tabel diatas, kita perlu menulis rumus if secara step by step sesuai tingkatan tersebut. Sekali lagi saya katakan, mengerjakan rumus excel hanya susah di awal, namun bila kita sudah mengetahui penulisan rumusnya maka jangan repot-repot menulis ulang sel dibawahnya.
Langsung saja simak contoh pemecahan studi kasus yang saya tuangkan dalam bentuk gambar yang sangat bisa menjelaskan kalian dalam mempelajari ilmu excel. Perhatikan d bawah ini :
Rumus If Bertingkat |
Di kotak biru merupakan cara yang sering saya katakan, yaitu untuk mengisi sel dibawahnya tanpa menulis rumus secara manual lagi.
Fungsi Logika
Logika sangat penting untuk menjalani hidup di dunia. Banyak hal yang harus membutuhkan logika untuk memecahkan suatu masalah. Namun dalam hidup di dunia tidak semata-mata seratus persen mengandalkan logika, namun hati juga berperan.Dalam ilmu matematika apalagi pada microsoft excel sangatlah penting. Adapun fungsi logika dalam sebuah microsoft excel adalah sebagai berikut :
- Untuk memudahkan menemukan solusi dari persoalan dengan dua kemungkinan jawaban. Ini yang di sebut fungsi if tunggal
- Untuk menemukan solusi sebuah persoalan yang membutuhkan jawaban dengan tiga atau lebih kemungkinan. Ini yang di sebut fungsi if ganda
- Untuk menyelesaikan persoalan yang membutuhkan syarat lebih dari satu. Ini yang di sebut fungsi if and
- Untuk menyelesaikan persoalan yang membutuhkan syarat cukup satu. Ini yang di sebut fungsi if or.
Cara Menggunakan Rumus IF
Penggunaan rumus if merupakan cara yang mudah. Yang terpenting kita mengetahui penulisan yang benar. Penaruhan kurung buka kurung tutup secara benar. Adapun cara menggunakan rumus if adalah sebagi berikut :- Tentukan sel mana yang akan di beri penulisan rumus.
- Tulis rumus dengan cara yang benar sesuai instruksi formula yaitu sering terlihat keterangan
- Sudah menentukan pernyataan yang sesuai dengan studi kasus yang akan dipecahkan.
Mudah bukan?, sering prakteklah supaya kalian cepat memahami tentang rumus if pada microsoft excel. Karena dengan melakukan latihan setiap hari akan membantu mempercepat pemahaman.
Fungsi Sum IF
Kalian pasti sudah paham, ap itu sum?, sum merukan penjumlahan pada microsoft excel. Bila digabungkan dengan if pastinya kalian sudah bisa menarik kesimpulan fungsi sumif pada microsoft excel.Sumif digunakan untuk mempermudah laporan perhitungan dalam suatu pekerjaan. Sum If merupakan gabungan dari dua rumus excel, yaitu sum untuk menjumlahkan sebuah nilai dalam sel dan if untuk menentukan kondisi true atau false.
Penggunaan sumif yaitu untuk menjumlahkan nilai dalam kriteria tertentu. Kalian bisa menggunakan sumif untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang telah memenuhi kriteria yang kalian tentukan.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh penulisan rumus sumif di bawah ini :
Rumus Sumif |
Adapun macam-macam rumus sumif pada excel yaitu :
- Fungsi Sumifs
- Fungsi Averageif
- Fungsi Averageifs
- Fungsi Countif
Rumus IF And
Masih pada sekitar rumus if. Hanya saja ini rumus if yang di gabung dengan kata and. Sebenarnya sih tidak cuma and, melainkan or dan not.Di bawah ini merupakan gambaran mengenai penggunaan if and, or dan not :
- And yaitu =if(and(sesuatu adalah benar, sesuatu yang lain yaitu salah), Nilai jika benar, nilai jika salah)
- Or yaitu =if(or(sesuatu adalah benar, sesuatu yang lain yaitu salah), Nilai jika benar, nilai jika salah)
- Not yaitu =if(not(sesuatu adalah benar), Nilai jika benar, nilai jika salah)
Itu merupakan gambaran penulisan rumus if anda pada microsoft excel. Supaya lebih memahami lagi, saya akan berikan contoh studi kasus. Perhatikan gambar di bawah ini :
Rumus Ifand |
Bisa dilihat pada kotak merah cara penulisan rumus ifand yang benar. Sedangkan di kotak biru merupakan cara untuk mengisi sel di bawahnya dengan cara menarik simbol plus hitam.
Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan if if yang lain. Hanya saja penulisan dan tujuan suatu rumus if masing-masing mempunyai karakter mengatasi persoalan studi kasus yang berbeda-beda.
Rumus Excel IF Lengkap
Rumus excel tidak hanya untuk perhitungan yang sifatnya sederhana saja. Tetapi mampu mlakukan perhitungan yang rumit sekalipun. Bahkan excel tersedia fitur flow kontrol, untuk menyelesaikan sebuah perintah yang berdasarkan keadaan atau kondisi tertentu. dan hanya yang sesuai dengan syarat yang telah ditentukan yang bisa diselesaikan.Rumus excel percabangan dikenal dengan istilah rumus excel if. Rumus ini mempunyai sifat sangat dinamis, yaitu bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan atau kebutuhan.
Dan beberapa rumus excel if yang sering digunakan, antara lain :
- If dengan 2 kondisi
- If dengan 3 kondisi
- If dengan 4 kondisi
- If lebih dari 4 kondisi
Rumus if bersarang merupakan sebutan dari rumus if dengan dua kondisi. Jumlah kondisi adalah penentu penggunaan rumus if. Bila dengan dua kondisi, jumlah intruksi if yang di gunakan yaitu berjumlah satu, bila dengan tiga kondisi, jumlah if yang digunakan yaitu berjumlah dua dan begitu seterusnya
- If dengan dua kondisi
Rumus if memiliki penulisan seperti di bawah ini :
IF(Kondisi, Jika_kondisi_benar, Jika_kondisi_salah)
Contoh sebuah kasus :
Pengolahan nilai kelulusan siswa, dengan ketentuan sebagai berikut >= 60 dinyatakan lulus, bila nilai <60 dinyatakan tidak lulus.
Pnulisan rumusnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
Rumus Excel If 2 Kondisi |
- Rumus If Excel 3 Kondisi
Format penulisan untuk menuliskan rumus excel if tiga kondisi adalah sebagai berikut :
IF(kondisi1; jika_kondisi_benar1;IF(kondisi_2; jika_kondisi_benar2; jika_kondisi_salah_2));
Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh studi kasus. Studi kasus ini akan membuat kalian bisa lebih cepat memahami. Perhatikan di bawah ini :
Contoh Kasus :
Untuk menentukan keterangan nilai mahasiswa dengan kriteria sebagai berikut :
- Bila nilai >=80 dinyatakan Luar Biasa
- Bila nilai <60 dinyatakan kurang
- Bila nilai >=60 dan nilai <80 dinyatakan cukup
Jika ditulis dalam bentuk rumus excel if dengan tiga kondisi adalah sebagai berikut :
=if(A1>=80;"luar biasa"; if(A1<60;"kurang";"cukup"))
Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar di bawah ini :
Rumus Excel if 3 kondisi |
Perhatikan kotak merah pada gambar di atas. Itu merupakan contoh penulisan rumus if dengan 3 kondisi. Sedangkan kotak biru merupakan cara untuk mengisi sel di bawahnya tanpa harus mengisi rumus secara manual lagi.
- Rumus If Excel 4 Kondisi
Rumusn if excel 4 kondisi sama halnya dengan 3 kondisi tinggal mengganti kondisi salah dengan if kembali. Perhatikan format penulisan rumus if 4 kondisi di bawah ini :
if(kondisi1;jika_kondisi_benar;if(kondisi2;jika_kondisi_benar2;if(kondisi3;jika_kondisi_benar3;jika_kondisi_salah3)))
Di atas merupakan peulisan format rumus if dengan 4 kondisi. Untuk lebih bisa memahami, bisa lihat contoh gambar di bawah ini :
Rumus Excel If 4 Kondisi |
Kotak merah di atas merupakan penulisan rumus excel if dengan menggunakan 4 kondisi. Sedangkan kotak biru adalah cara untuk mengisi sel di bawahnya agar tidak menulis rumus secara manual lagi.
- Rumus if excel 5 kondis atau lebih
Ini merupakan kondisi terahir dari macam-macam rumus excel. secara format sama dengan 2,3 atau 4 kondisi. Kalian pasti sudah bisa memahami tanpa saya jelaskan.
Pada dasarnya kondisi 2,3 ,4 atau 5 lebih penulisaanya sama tinggal penambahan 1 kondisi bernilai benar. kalian tidak perlu pusing untuk menulis rumusnya, tinggal rumus excel if 4 kondisi di tambah 1 kondisi yaitu kondisi true atau benar.
Demikianlah penjelasan mengenai rumus excel if pada microsoft excel. Mudah-mudahan bisa membantu mengedukasi kalian yang sedang mencari materi tentang rumus if ini. Bila ada kritik dan masukan, boleh hubungi saya lewat email atau komen dibawah ini, terima kasih.
Post a Comment
Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.