Pekerjaan kantor semakin sekarang semakin menuntut sdm agar bisa mumpuni dalam keahlian dalam bidang komputerisasi terutama microsoft office.
Excel merupakan solusi bagi para pekerja kantor, dimana semua pekerjaan membutuhkan yang namanya program excel. Semua aktifitas perkantoran sekarang bergantung terhadap microsoft excel.
Mulailah belajar dari sekarang mengenai rumus- rumus excel yang lengkap dipakai dalam pekerjaan. Agar kalian tidak kaget disaat memerlukan keahlian tersebut suatu saat nanti. Karena bisa bukan karena semata-mata faktor dari kepintaran namun faktor terbiasa melakukan hal tersebut secara berulang-ulang.
Mari mulai bahas mengenai fungsi vlookup dan hlookup dibawah ini. Semoga kalian bisa menyimak dan mempelajari materi dibawah ini.
Daftar isi
Fungsi Vlookup dan Hlookup
Seperti halnya IF, fungsi-fungsi pencarian sangat berguna. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan pencarian untuk membantu mempercepat pekerjaan anda. Namun, seperti halnya IF, setiap orang tampaknya mengalami kesulitan dalam melakukan awal pencarian menggunakan IF. Pada dasarnya semua fungsi rumus memiliki pola masing-masing, Kalian akan mudah bila kalian memahami pola tersebut.
Apa Kegunaan Vlookup
Fungsi pencarian bisa diartikan seperti mencari kata dalam sebuah kamus besar, untuk mendapatkan definisi. Atau mencari nomer seseorang di buku telephon. Kalian tidak bisa melangkah atau berbuat lebih bila kalian tidak tahu nama orang itu atau kata yang ingin kalian definisikan. Kalian juga tidak akan bisa melangkah terlalu jauh bila kalian tidak mempunyai buku telepon atau kamus.
Jadi kalian memrlukan kedua hal tersebut yaitu sesuatu untuk dicari (nama orang), dan daftar informasi (nama orang beserta nomer teleponnya. Tidak masalah jika yang kalian cari nilai teks atau nilai numerik.
Namun, sebagian besar buku telepon memiliki lebih dari satu kolom yaitu nama, alamat, telepon rumah, telepon kantor, ponse, dll. Jadi kalian juga perlu mengetahui data mana saja yang ingin anda ambil (kolom dengan nomor telepon yang benar).
Jadi tiga hal yang harus disiapkan : Hal yang kalian cari, daftar tempat kalian mencarinya, dan kolom jawaban kalian.
Bisa disimpulkan bahwa kegunaan vlookup yaitu untuk mencari data dari sumber data yang lain dengan disesuaikan dengan hal yang ingin dicari.
Syntax Vlookup
Kami akan melihat VLOOKUP terlebih dahulu, karena ini adalah yang paling umum. Ini memiliki tiga argumen wajib. Argumen terakhir seharusnya opsional. Ingat, itulah argumen dalam tanda kurung, tetapi pada kenyataanya jarang yang menggunakannya. Di bawah ini saya akan menunjukan sedikit bagaimana argumen pertama :
Di sini kita memiliki tabel sederhana, dan di atas saya
ingin dapat mengetikkan nama seseorang dan meminta nomor ekstensi mereka.
![]() |
Syntax Vlookup |
Dua Argumen Pertama
lookup_value agak jelas. Ini nilainya (ingat, hal yang
sebenarnya kalian lihat di dalam sel, dalam hal ini kata Sally) yang ingin Anda
gunakan untuk mencari di meja Anda.
Table_array juga agak jelas. Ini adalah seluruh jajaran sel
tempat meja kalian duduk. Ingatlah bahwa saya tidak memilih A4 tetapi mulai
dengan A5. Mengapa saya melewatkan baris tajuk? Terutama karena itu tidak ada yang relevan maka tidak ada yang ingin saya cari di situ.
Argumen Ketiga
Col_index_no perlu sedikit penjelasan. Singkatan dari Nomor
Indeks Kolom. Kolom pertama Anda selalu berisi nilai yang akan dicocokkan
dengan lookup_value - itulah Nomor Indeks Kolom 1. Jadi, jika kami
menghitungnya sebagai kolom 1, maka kolom 2 yang berisi nomor ekstensi kami,
dan 2 adalah apa yang kami ketik sebagai col_index_no di fungsi kita.
Ingat bahwa di tabel ini adalah kolom kedua yang
berisi nomor ekstensi. Jangan terpaku pada kolom B. Array tabel Anda bisa
berada di mana saja.
Dan jika kami memiliki lebih banyak kolom di tabel,
masing-masing kolom akan dirujuk oleh col_index_no mereka sendiri:
![]() |
Argumen Keempat
[range_lookup] dalam kurung siku, jadi sepertinya itu
opsional. Tanpa itu, Excel akan menganggap kalian mencari kecocokan perkiraan, dan perkiraan kecocokan bisa benar, benar acak, Anda dapat menulis argumen ini
dalam salah satu dari dua cara :
1. FALSE berarti kalian memilih untuk memiliki pasangan yang
tepat. Kalian juga dapat menuliskannya sebagai 0 (nol).
2. TRUE berarti Kalian memilih untuk memiliki kecocokan perkiraan. kalian juga dapat menuliskannya sebagai 1.
Berikut adalah contoh dari apa yang terjadi ketika kami
memilih untuk memiliki TRUE atau kecocokan perkiraan. John baik-baik saja,
seperti halnya Nigel, tetapi nomor Sally salah dan Gary dan Angela yang malang
bahkan tidak bisa melihat-lihat.
Kalian akan mencatat bahwa setelah saya mengetik koma
terakhir untuk masuk ke argumen akhir ini, saya mendapatkan panel kecil yang
mengingatkan saya yang mana, jadi jangan khawatir jika kalian tidak dapat
mengingat apakah itu benar atau salah untuk dapatkan kecocokan yang tepat.
Bahkan, saya memasukkannya ke dalam fungsi dengan mudah dengan menunjuknya
dengan mouse saya dan mengklik dua kali, dan langsung muncul.
Dimana ada yang salah ?
Vlookup kalian bisa salah jika kalian meminta perkiraan
kecocokan dalam range_lookup kalian, bukan kecocokan persis, seperti yang terlihat
di atas. Tapi inilah beberapa cara lain yang bisa salah.
Lebih Dari Satu Kecocokan di Kolom 1
Kami punya dua John di sini. VLOOKUP hanya akan
mengembalikan nomor yang pertama.
Jadi ingat kolom pertama kalian hanya dapat berisi nilai
unik. Inilah sebabnya kami cenderung menggunakan kode, seperti nomor NI, nomor
ID staf, kode produk, dan sebagainya sebagai data kolom pertama kami.
Kesalahan Dalam Entri Data
Jadi jika ada dua atau lebih nilai yang identik di kolom 1,
kita perlu memikirkan kembali. Mengetik John saja tidak akan berfungsi lagi,
karena nilai itu tidak ada di kolom 1, itulah sebabnya kami mendapatkan
kesalahan # N / A.
Jadi saya bisa menambahkan inisial nama keluarga mereka,
tetapi kemudian saya menemukan masalah lain. Bisakah Anda melihat mengapa saya
masih mendapatkan # N / A?
Dalam hal ini, John P. memiliki ruang setelah berhenti
penuh. Saya tidak bisa melihatnya, tetapi ada di sana. Dan sangat penting untuk
ditambahkan. Jadi, entri data harus benar-benar sempurna, dan keberadaan ruang
dapat benar-benar membuang ini.
Tidak Ada Nilai Lookup_
Dalam contoh ini, saya langsung saja mengetik VLOOKUP saya.
Namun, saya mendapatkan kesalahan # N / A. Kenapa ini? Hanya karena sampai ada
sesuatu di sel pencarian saya, VLOOKUP saya tidak dapat berfungsi, Jadi yang
perlu saya lakukan adalah memastikan ada sesuatu di sana (dalam hal ini, sel
B1) untuk mencegah kesalahan ini.
Ada cara menyembunyikan kesalahan ini, sehingga
pengguna tidak menjadi takut. Kalian dapat membaca semua tentang itu di pos
berikutnya kecuali satu .
Pencarian Vlookup Versus Hlookup
Dalam contoh yang saya gunakan, table_array saya memiliki
data dalam kolom. Ini berarti ketika Excel mengambil lookup_value dalam B1 dan
menuju ke table_array di A5: B9, yang dilakukannya adalah melihat ke bawah yaitu, secara vertikal. Itulah yang dimaksudkan oleh V kami : vertikal.
![]() |
Pencarian Vlookup |
Diatas merupakan contoh pencarian menggunakaan formula vlookup. Sekarang anda perlu tahu pencarian hlookup. Di bawah ini contoh pencarian menggunakan hlookup :
![]() |
Pencarian Hlookup |
Ini persis sama dengan apa yang kita miliki di atas, kecuali
semuanya diletakkan di seberang, bukan ke bawah. Nilai lookup_value dalam A2
masih dibawa ke table_array kami di B4: F5, tetapi kali ini Excel akan mulai
mencari secara horizontal di baris 4 untuk menemukan nilai 'Nigel'.
Saat perkiraan kecocokan berguna
Tidak selalu terjadi bahwa, kita harus mencari pasangan
yang tepat. Berikut adalah contoh di mana perkiraan kecocokan akan berguna.
Saya memiliki daftar transaksi dan saya ingin mengatakan pada kuartal mana
mereka berada.
Saya memulai dengan memiliki tanggal, mulai dan berakhir
setiap kuartal dalam sebuah tabel kecil, ditambah tentu saja kuartal yang
merujuk pada tanggal.
Saya dapat mengatur VLOOKUP untuk
menarik keluar kuartal setiap transaksi milik. Saya juga perlu menggunakan alat
lain yang kami lihat beberapa waktu lalu. Lakukan pop back dan baca
cepat jika Anda bingung apa yang saya maksud.
![]() |
Perkiraan Kecocokan Vlookup |
Jadi seperti yang kalian lihat, terkadang kecocokan perkiraan
sangat praktis. Hanya pastikan table_array diurutkan dalam urutan menaik
jika tidak mungkin pergi agak lucu.
Menggabungkan Fitur Excel Lainnya
Kalian dapat membuat hidup kalian jauh lebih mudah dengan
penamaan yang lookup_value dan table_array dan menggunakan nama-nama dalam
fungsi kalian.
Jika kalian mencurigai table_array akan tumbuh, misalnya
jika kalian mengimpor data tambahan atau perlu menambahkan lebih banyak baris,
maka format table_array kalian sebagai tabel data .
Kalian dapat menggunakan Validasi Data untuk membuat daftar
drop-down dari nilai yang diharapkan untuk nilai lookup_value kalian. Di mana
Anda menemukan sel sumber untuk inKenapa, di kolom pertama table_array kalian?, selain itu, jika kalian telah memformat table_array sebagai tabel data, setiap
baris tambahan yang kalian tambahkan ke ujung secara otomatis ditambahkan ke
daftar drop-down.
Kalian dapat memiliki table_array di lembar kerja lain dan
tautan. Satu-satunya masalah dengan ini adalah kalian tidak selalu dapat
melihat apakah Anda mendapatkan col_index_no yang tepat, jadi sebaiknya buat
catatan terlebih dahulu. Jika kalian mengikuti rencana pembelajaran yang
disarankan, kita belum sampai sejauh itu, bersabarlah.
Kalian dapat menggunakan proteksi kata sandi untuk mencegah
seseorang secara tidak sengaja menghapus VLOOKUP yang Anda buat dengan
hati-hati. Menimbang bahwa sekarang kalian tahu cara melakukan semua
kecuali satu di atas, kalian dapat segera membuat spreadsheet yang berisi VLOOKUP
sangat kuat.
Pencarian 'Terbalik'
Akan lebih masuk akal untuk memiliki contoh di atas, dengan
Triwulan 1, Triwulan 2 dll, diatur dengan cara yang sedikit berbeda. Dari pada
memiliki tanggal mulai, tanggal akhir, nama quarter, akan terlihat lebih
logis untuk diatur seperti ini :
Namun, VLOOKUP diprogram untuk melihat kolom pertama dari
table_array. Karena kolom pertama berisi teks, ini tidak ada gunanya jika kita
mencoba mencari tanggal. Dalam hal ini, kita perlu mencari di col_index_no 2
dan 'membalikkan' ke col_index_no 1.
Jawaban singkatnya adalah iya, itu bisa dilakukan. Kalian dapat melihat ke kiri kolom Lookup kalian, bukan hanya ke kanan.
Jawaban panjangnya adalah bahwa pertama-tama itu jauh di
luar cakupan apa yang AAT akan minta kalian lakukan, Dan kedua itu melibatkan
penggunaan dua fungsi lain atau rumus array (yang merupakan jenis formula
khusus dengan sihir di dalamnya). Saya tidak akan membahasnya di sini, tetapi
saya percaya itu berguna untuk setidaknya mengetahui bahwa hal-hal dapat
dilakukan jika kalian membutuhkannya.
Sekian penjelasan mengenai fungsi Vlookup dan Hlookup yang wajib kalian tahu. Semoga dapat bermanfaat untuk edukasi kalian yang sedang belajar mengenai pembahasaan ini. Bila ada kata yang salah, mohon jangan sungkan untuk kritik atau komentar dibawah, terima kasih.
Post a Comment
Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.