Pekerjaan kantor semakin sekarang semakin menuntut sdm agar bisa mumpuni dalam keahlian dalam bidang komputerisasi terutama microsoft office.

Excel merupakan solusi bagi para pekerja kantor, dimana semua pekerjaan membutuhkan yang namanya program excel. Semua aktifitas perkantoran sekarang bergantung terhadap microsoft excel.

Mulailah belajar dari sekarang mengenai rumus- rumus excel yang lengkap dipakai dalam pekerjaan. Agar kalian tidak kaget disaat memerlukan keahlian tersebut suatu saat nanti. Karena bisa bukan karena semata-mata faktor dari kepintaran namun faktor terbiasa melakukan hal tersebut secara berulang-ulang.

Mari mulai bahas mengenai fungsi vlookup dan hlookup dibawah ini. Semoga kalian bisa menyimak dan mempelajari materi dibawah ini.


Fungsi Vlookup dan Hlookup

Seperti halnya IF, fungsi-fungsi pencarian sangat berguna. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan pencarian untuk membantu mempercepat pekerjaan anda. Namun, seperti halnya IF, setiap orang tampaknya mengalami kesulitan dalam melakukan awal pencarian menggunakan IF. Pada dasarnya semua fungsi rumus memiliki pola masing-masing, Kalian akan mudah bila kalian memahami pola tersebut. 

Apa Kegunaan Vlookup

Fungsi pencarian bisa diartikan seperti mencari kata dalam sebuah kamus besar, untuk mendapatkan definisi. Atau mencari nomer seseorang di buku telephon. Kalian tidak bisa melangkah atau berbuat lebih bila kalian tidak tahu nama orang itu atau kata yang ingin kalian definisikan. Kalian juga tidak akan bisa melangkah terlalu jauh bila kalian tidak mempunyai buku telepon atau kamus.

Jadi kalian memrlukan kedua hal tersebut yaitu sesuatu untuk dicari (nama orang), dan daftar informasi (nama orang beserta nomer teleponnya. Tidak masalah jika yang kalian cari nilai teks atau nilai numerik.

Namun, sebagian besar buku telepon memiliki lebih dari satu kolom yaitu nama, alamat, telepon rumah, telepon kantor, ponse, dll. Jadi kalian juga perlu mengetahui data mana saja yang ingin anda ambil (kolom dengan nomor telepon yang benar).

Jadi tiga hal yang harus disiapkan : Hal yang kalian cari, daftar tempat kalian mencarinya, dan kolom jawaban kalian.

Bisa disimpulkan bahwa kegunaan vlookup yaitu untuk mencari data dari sumber data yang lain dengan disesuaikan dengan hal yang ingin dicari.

Syntax Vlookup

Kami akan melihat VLOOKUP terlebih dahulu, karena ini adalah yang paling umum. Ini memiliki tiga argumen wajib. Argumen terakhir seharusnya opsional. Ingat, itulah argumen dalam tanda kurung, tetapi pada kenyataanya jarang yang menggunakannya. Di bawah ini saya akan menunjukan sedikit bagaimana argumen pertama :

Di sini kita memiliki tabel sederhana, dan di atas saya ingin dapat mengetikkan nama seseorang dan meminta nomor ekstensi mereka.

syntax-vlookup
Syntax Vlookup

Dua Argumen Pertama

lookup_value agak jelas. Ini nilainya (ingat, hal yang sebenarnya kalian lihat di dalam sel, dalam hal ini kata Sally) yang ingin Anda gunakan untuk mencari di meja Anda.

Table_array juga agak jelas. Ini adalah seluruh jajaran sel tempat meja kalian duduk. Ingatlah bahwa saya tidak memilih A4 tetapi mulai dengan A5. Mengapa saya melewatkan baris tajuk? Terutama karena itu tidak ada yang relevan maka tidak ada yang ingin saya cari di situ.

Argumen Ketiga

Col_index_no perlu sedikit penjelasan. Singkatan dari Nomor Indeks Kolom. Kolom pertama Anda selalu berisi nilai yang akan dicocokkan dengan lookup_value - itulah Nomor Indeks Kolom 1. Jadi, jika kami menghitungnya sebagai kolom 1, maka kolom 2 yang berisi nomor ekstensi kami, dan 2 adalah apa yang kami ketik sebagai col_index_no di fungsi kita.

Ingat bahwa di tabel ini adalah kolom kedua yang berisi nomor ekstensi. Jangan terpaku pada kolom B. Array tabel Anda bisa berada di mana saja.


Dan jika kami memiliki lebih banyak kolom di tabel, masing-masing kolom akan dirujuk oleh col_index_no mereka sendiri:

index-vlookup

Argumen Keempat

[range_lookup] dalam kurung siku, jadi sepertinya itu opsional. Tanpa itu, Excel akan menganggap kalian mencari kecocokan perkiraan, dan perkiraan kecocokan bisa benar, benar acak, Anda dapat menulis argumen ini dalam salah satu dari dua cara :

1. FALSE berarti kalian memilih untuk memiliki pasangan yang tepat. Kalian juga dapat menuliskannya sebagai 0 (nol).

2. TRUE berarti Kalian memilih untuk memiliki kecocokan perkiraan. kalian juga dapat menuliskannya sebagai 1.

Berikut adalah contoh dari apa yang terjadi ketika kami memilih untuk memiliki TRUE atau kecocokan perkiraan. John baik-baik saja, seperti halnya Nigel, tetapi nomor Sally salah dan Gary dan Angela yang malang bahkan tidak bisa melihat-lihat.

Kalian akan mencatat bahwa setelah saya mengetik koma terakhir untuk masuk ke argumen akhir ini, saya mendapatkan panel kecil yang mengingatkan saya yang mana, jadi jangan khawatir jika kalian tidak dapat mengingat apakah itu benar atau salah untuk dapatkan kecocokan yang tepat. Bahkan, saya memasukkannya ke dalam fungsi dengan mudah dengan menunjuknya dengan mouse saya dan mengklik dua kali, dan langsung muncul.

Dimana ada yang salah ?

Vlookup kalian bisa salah jika kalian meminta perkiraan kecocokan dalam range_lookup kalian, bukan kecocokan persis, seperti yang terlihat di atas. Tapi inilah beberapa cara lain yang bisa salah.

Lebih Dari Satu Kecocokan di Kolom 1

Kami punya dua John di sini. VLOOKUP hanya akan mengembalikan nomor yang pertama.
Jadi ingat kolom pertama kalian hanya dapat berisi nilai unik. Inilah sebabnya kami cenderung menggunakan kode, seperti nomor NI, nomor ID staf, kode produk, dan sebagainya sebagai data kolom pertama kami.

Kesalahan Dalam Entri Data

Jadi jika ada dua atau lebih nilai yang identik di kolom 1, kita perlu memikirkan kembali. Mengetik John saja tidak akan berfungsi lagi, karena nilai itu tidak ada di kolom 1, itulah sebabnya kami mendapatkan kesalahan # N / A.

Jadi saya bisa menambahkan inisial nama keluarga mereka, tetapi kemudian saya menemukan masalah lain. Bisakah Anda melihat mengapa saya masih mendapatkan # N / A?

Dalam hal ini, John P. memiliki ruang setelah berhenti penuh. Saya tidak bisa melihatnya, tetapi ada di sana. Dan sangat penting untuk ditambahkan. Jadi, entri data harus benar-benar sempurna, dan keberadaan ruang dapat benar-benar membuang ini.

Tidak Ada Nilai Lookup_

Dalam contoh ini, saya langsung saja mengetik VLOOKUP saya. Namun, saya mendapatkan kesalahan # N / A. Kenapa ini? Hanya karena sampai ada sesuatu di sel pencarian saya, VLOOKUP saya tidak dapat berfungsi, Jadi yang perlu saya lakukan adalah memastikan ada sesuatu di sana (dalam hal ini, sel B1) untuk mencegah kesalahan ini.

Ada cara menyembunyikan kesalahan ini, sehingga pengguna tidak menjadi takut. Kalian dapat membaca semua tentang itu di pos berikutnya kecuali satu .

Pencarian Vlookup Versus Hlookup

Dalam contoh yang saya gunakan, table_array saya memiliki data dalam kolom. Ini berarti ketika Excel mengambil lookup_value dalam B1 dan menuju ke table_array di A5: B9, yang dilakukannya adalah melihat ke bawah yaitu, secara vertikal. Itulah yang dimaksudkan oleh V kami : vertikal.

pencarian-vlookup
Pencarian Vlookup


Diatas merupakan contoh pencarian menggunakaan formula vlookup. Sekarang anda perlu tahu pencarian hlookup. Di bawah ini contoh pencarian menggunakan hlookup :

pencarian-hlookup
Pencarian Hlookup

Ini persis sama dengan apa yang kita miliki di atas, kecuali semuanya diletakkan di seberang, bukan ke bawah. Nilai lookup_value dalam A2 masih dibawa ke table_array kami di B4: F5, tetapi kali ini Excel akan mulai mencari secara horizontal di baris 4 untuk menemukan nilai 'Nigel'.

Saat perkiraan kecocokan berguna

Tidak selalu terjadi bahwa, kita harus mencari pasangan yang tepat. Berikut adalah contoh di mana perkiraan kecocokan akan berguna. Saya memiliki daftar transaksi dan saya ingin mengatakan pada kuartal mana mereka berada.

Saya memulai dengan memiliki tanggal, mulai dan berakhir setiap kuartal dalam sebuah tabel kecil, ditambah tentu saja kuartal yang merujuk pada tanggal.

Saya dapat mengatur VLOOKUP untuk menarik keluar kuartal setiap transaksi milik. Saya juga perlu menggunakan alat lain yang kami lihat beberapa waktu lalu. Lakukan pop back dan baca cepat jika Anda bingung apa yang saya maksud.


Perkiraan-Kecocokan-Vlookup
Perkiraan Kecocokan Vlookup

Jadi seperti yang kalian lihat, terkadang kecocokan perkiraan sangat praktis. Hanya pastikan table_array diurutkan dalam urutan menaik jika tidak mungkin pergi agak lucu.

Menggabungkan Fitur Excel Lainnya

Kalian dapat membuat hidup kalian jauh lebih mudah dengan penamaan yang lookup_value dan table_array dan menggunakan nama-nama dalam fungsi kalian.

Jika kalian mencurigai table_array akan tumbuh, misalnya jika kalian mengimpor data tambahan atau perlu menambahkan lebih banyak baris, maka format table_array kalian sebagai tabel data .

Kalian dapat menggunakan Validasi Data untuk membuat daftar drop-down dari nilai yang diharapkan untuk nilai lookup_value kalian. Di mana Anda menemukan sel sumber untuk inKenapa, di kolom pertama table_array kalian?, selain itu, jika kalian telah memformat table_array sebagai tabel data, setiap baris tambahan yang kalian tambahkan ke ujung secara otomatis ditambahkan ke daftar drop-down.

Kalian dapat memiliki table_array di lembar kerja lain dan tautan. Satu-satunya masalah dengan ini adalah kalian tidak selalu dapat melihat apakah Anda mendapatkan col_index_no yang tepat, jadi sebaiknya buat catatan terlebih dahulu. Jika kalian mengikuti rencana pembelajaran yang disarankan, kita belum sampai sejauh itu, bersabarlah.

Kalian dapat menggunakan proteksi kata sandi untuk mencegah seseorang secara tidak sengaja menghapus VLOOKUP yang Anda buat dengan hati-hati. Menimbang bahwa sekarang kalian tahu cara melakukan semua kecuali satu di atas, kalian dapat segera membuat spreadsheet yang berisi VLOOKUP sangat kuat.

Pencarian 'Terbalik'

Akan lebih masuk akal untuk memiliki contoh di atas, dengan Triwulan 1, Triwulan 2 dll, diatur dengan cara yang sedikit berbeda. Dari pada memiliki tanggal mulai, tanggal akhir, nama quarter, akan terlihat lebih logis untuk diatur seperti ini :
contoh-tabel-vlookup

Namun, VLOOKUP diprogram untuk melihat kolom pertama dari table_array. Karena kolom pertama berisi teks, ini tidak ada gunanya jika kita mencoba mencari tanggal. Dalam hal ini, kita perlu mencari di col_index_no 2 dan 'membalikkan' ke col_index_no 1.

Jawaban singkatnya adalah iya, itu bisa dilakukan. Kalian dapat melihat ke kiri kolom Lookup kalian, bukan hanya ke kanan.

Jawaban panjangnya adalah bahwa pertama-tama itu jauh di luar cakupan apa yang AAT akan minta kalian lakukan, Dan kedua itu melibatkan penggunaan dua fungsi lain atau rumus array (yang merupakan jenis formula khusus dengan sihir di dalamnya). Saya tidak akan membahasnya di sini, tetapi saya percaya itu berguna untuk setidaknya mengetahui bahwa hal-hal dapat dilakukan jika kalian membutuhkannya.

Sekian penjelasan mengenai fungsi Vlookup dan Hlookup yang wajib kalian tahu. Semoga dapat bermanfaat untuk edukasi kalian yang sedang belajar mengenai pembahasaan ini. Bila ada kata yang salah, mohon jangan sungkan untuk kritik atau komentar dibawah, terima kasih.

Post a Comment

Tanyakan bila ada yang perlu ditanyakan.

Previous Post Next Post